SlideShow

"MY PET: SPIDERREV"

0

Bahan Rapuh Jadi Penyebab Rangka Jembatan Ambruk

foto
jembatan

 TEMPO.CO, Jakarta - PT Bukaka Teknik Utama menduga penyebabnya jembatan Tenggarong runtuh adalah rapuhnya bahan material clamp atau pengait, bukan rangka besi atau kendornya baut, seperti yang diberitakan sebelumnya.

"Jadi memang (berdasarkan) analisis, ini clamp. (Kami) men-suspect," kata Eko Ariwandono, Vice President Product Development PT Bukaka Teknik Utama, saat ditemui Tempo di kantornya, Selasa, 29 November 2011. Sebab penggantung jembatan tidak bermasalah. "Ini putus di atas. Pada jatuh," ujarnya sambil menunjuk posisi clamp di rangka jembatan.

Total ada 96 clamp yang dipasang di kanan dan kiri jembatan sepanjang 270 meter tersebut, terbagi menjadi tiga posisi. Setiap posisi dibatasi oleh tiang tinggi. Posisi pertama, di tengah, dengan jumlah 28 clamp di sebelah kanan dan 28 clamp di sebelah kiri. Kemudian di sisi Tenggarong ada 10 clamp di sebelah kanan dan 10 clamp di sebelah kiri. Di sisi Samarinda, ada 10 clamp di sebelah kanan dan 10 di sebelah kiri.

Eko menjabarkan, seandanya clamp bergeser, seharusnya jembatan masih bisa bertahan. Diperkirakan satu clamp menahan beban 70 ton. Sedangkan rangka besi bisa menahan beban hingga 240 ton.

Tapi, dalam kasus runtuhnya jembatan Tenggarong, clamp tersebut patah dan bautnya lepas. Karena itu Eko segera meminta Kementerian Pekerjaan Umum  menyelidiki clamp tersebut, spesifik ke bahan material clamp.

Sayangnya Eko mengaku tak tahu siapa pemenang tender clamp tersebut. "Hanger ini PU yang beli, apakah termasuk kontrak Hutama Karya, saya enggak tahu," ujarnya. Ia hanya mengetahui proses pembangunan dikerjakan oleh PT Hutama Karya dan pembuatan pilon atau tiang tinggi oleh Trans Bakrie.

Selanjutnya Bukaka membantah robohnya jembatan karena proses perbaikan yang dilakukan oleh perusahaannya. Meski ia mengakui pernah meminjam counternut atau semacam baut pendamping untuk pengaman. Itu pun, menurut Eko, tidak berbahaya. Soalnya, yang dipinjam adalah baut pendamping, bukan dua baut utama. Posisi counternut yang diambil dekat tiang tinggi atau pilon. Peminjaman dilakukan sebulan lalu, selama sepekan. "Kami sudah minta izin PU daerah," kata dia.

Eko juga menegaskan melepas counternut tidak akan menambah beban yang signifikan pada clamp atau rangka besi.

Direktur Utama PT Bukaka Teknik Utama Irsal Kamaruddin menyatakan sejak Oktober belum ada aktivitas perbaikan oleh perusahaannya. Pihaknya baru mengirim 11 teknisi dengan paket peralatan kunci untuk mengencangkan baut serta dongkrak untuk safety atau keamanan teknisi. Persiapan tersebut dilakukan sejak Jumat 25 November 2011 lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...