Hanya   saja,  kita begitu asyik mengikuti perubahan cara peredaran informasi   ini.  Akibatnya, kita jadi terdorong untuk selalu ingin tahu apa yang   sedang  dilakukan orang lain, sampai-sampai lupa dengan tugas-tugas yang   harus  dikerjakan di kantor. Perhatian kita tersita karena ada obrolan   hangat  di Twitter yang sayang untuk dilewatkan. Padahal, resep   produktivitas  adalah kemampuan untuk mengontrol perhatian secara   efektif. Maka, bila  Anda ingin tetap produktif, coba singkirkan hal-hal   yang bisa  mengalihkan perhatian Anda saat di kantor.
1. Twitter. 
   Saat ini, kalau tidak punya akun Twitter, bisa dianggap ketinggalan    jaman. Jika tidak bisa mengakses di komputer kantor, Anda masih bisa    nge-tweet di ponsel. Twitter saat ini bahkan sudah digunakan    oleh banyak perusahaan untuk membangun merek atau produk, juga membangun    database pelanggan atau penggemar. Namun jika Anda menggunakannya   hanya  untuk ber-haha-hihi, sebaiknya lakukan pada saat Anda tidak   sedang  bekerja.
2. Facebook, online games, atau jejaring sosial lain .
2. Facebook, online games, atau jejaring sosial lain .
Memang   benar, Facebook juga telah digunakan oleh banyak perusahaan  untuk   membuat perencanaan pemasaran, tetapi kebanyakan orang Facebook    tetaplah sebagai situs jejaring sosial. Coba amati kembali, berapa lama    waktu yang Anda habiskan selama seminggu untuk menyapa teman atau    bermain game. Bandingkan dengan jika Anda tertutup dari dunia Facebook    selama seminggu. Selisih waktu itulah yang akan membuat Anda lebih    produktif.
3. E-mail .
3. E-mail .
Mengecek   e-mail mungkin  adalah kegiatan pertama yang Anda lakukan begitu tiba   di kantor.  Padahal, seringkali kita mengecek e-mail hanya supaya bisa   menunda  pekerjaan. Padahal kalau diingat-ingat, tidak ada tuh yang   namanya  situasi darurat untuk e-mail (kecuali jika Anda memang saling   mengirim  pesan dengan klien untuk keperluan pekerjaan). Jika Anda   mengawali hari  dengan membuka-buka e-mail sambil membalas diskusi di   sebuah mailing list yang Anda ikuti, jangan heran bila menjelang jam pulang kantor Anda masih akan memiliki beberapa tugas yang belum dikerjakan.
4. Lapar. 
Perut   yang lapar memang membuat kita kesulitan berkonsentrasi. Jika  Anda   harus mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai, atau membuat Anda    kurang konsentrasi, bekerjalah selama 20 menit dengan jeda selama 2    menit di sela-selanya. Gunakan jeda tersebut untuk mengisi perut dengan    makanan ringan dan minuman. Melewatkan makan sangat tidak disarankan.    Anda tidak ingin menyiksa diri sendiri hanya karena pekerjaan, kan?    Mungkin meneruskan pekerjaan saat makan siang akan membuat pekerjaan    cepat selesai, namun hasilnya tidak akan maksimal karena Anda kehilangan    konsentrasi.
5. Gangguan fisik maupun elektronik. 
Entah itu inbox e-mail berisi ratusan pesan yang belum dibalas, meja yang ditumpuki file-file, berkas-berkas, atau tempelan post-it    di pinggir monitor komputer, semua hal ini bisa menimbulkan stres dan    mengalihkan perhatian Anda dari tugas-tugas yang harus dikerjakan.    Kebanyakan orang memasang "to-do items" hanya agar bisa    mengingatkan apa yang harus diselesaikan. Padahal, Anda memiliki    berbagai aplikasi atau program di komputer atau ponsel yang bisa    digunakan untuk mengatur jadwal, sekaligus mengurangi pemakaian kertas,    dokumen, dan hal-hal yang mengotori meja tadi.
sumber: http://dunia-panas.blogspot.com/2010/09/5-hal-yang-mengganggu-produktivitas.html

 
 



 
 
 
 





 
0 komentar:
Posting Komentar