SlideShow

"MY PET: SPIDERREV"

0

Metal Gear Solid 3: Snake Eater


Platform : PS 2


Publisher : Konami Computer Entertainment/ Kojima Production


Developer : Konami


Genre : Stealth Action


Release Date : 16 Desember 2004

Metal Gear Solid (MGS), para gamer sedunia pasti pernah mendengar atau bahkan memainkan game yang dikembangkan oleh Konami ini. Serial MGS memang sudah terkenal sejak keberadaan seri perdananya, MGS1 di PS1. Game dengan genre Stealth Action ini bahakn mampu menarik hati ribuan gamer di Jepang pada awal keberadaannya.

Pada MGS3 ini, perlu kamu ketahui bahwa setting game ini dibuat sebelum terjadinya semua peristiwa di MGS1 dan MGS2, tepatnya saat terjadi Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Jadi, jangan heran kalau kamu melihat karakter kamu dan karakter lain yang kelihatan lebih muda, atau senjata dan perlengkapan kamu terlihat lebih kuno dari seri terdahulu.

Plot
Seperti seri-seri terdahulunya, kamu akan tetap bermain sebagai Solid Snake, seorang prajurit elit dan terlatih dari FOX unit, sebuah tim khusus Amerika yang dibuat untuk misi tanpa sepengetahuan publik. Seperti dapat kamu lihat pada Intro Movie, Snake kini diberikan tugas untuk melindungi dan atau mengungsikan seorang ilmuwan yang bernama Nikolai Stepanoph Sokolov dari kejaran Colonel Volgin. Faktanya, Profesor Sokolov memang telah membuat sebuah mesin perang bersenjatakan nuklir dengan nama Shagohod (Ini adalah Metal Gear pertama yang pernah dibuat, looh). Colonel Volgin adalah seorang pemimpin Uni Soviet yang menginginkan Sokolov untuk menyempurnakan mesin perang yang dibuat SOkolov untuk membantunya dalam Perang Dingin yang sedang berlangsung.

Game diawali dengan Virtuous Mission (sekedar untuk diketahui, Virtuous Mission ini hanya sebuah misi untuk mengingatkan kembali tentang bagaimana kontrol dan pergerakan Snake di game, termasuk berberapa gerakan dan fitur baru, yang akan saya jelaskan di paragraf berikutnya). Virtuous Mission ini mengharuskan Snake mengungsikan Profesor Sokolov dari kejaran Colonel Volgin. Snake akan dibantu oleh bereapa partner yang ada di pesawat melalui radio, karena tugas yang diberikan kepada Snake adalah tugas individual, tanpa bantuan orang lain. Setelah Snake mendapatkan Profesor Sokolov, kamu akan mengetahui bahwa seseorang yang membantumu selama ini adalah pengkhianat, kemudian dari sinilah baru game kamu yang sebenarnya akan dimulai. Misi berikutnya adalah Operation: Snake Eater.

Karakter
Di dalam game ini, kamu akan bertemu beberapa karakter yang jumlahnya (mungkin) melebihi seri terdahulunya. Selain Major Tom, orang yang memberikan Snake perintah, kamu akan bertemu The Boss, seorang wanita yang ternyata adalah guru dari Snake yang melatihnya menjadi seorang prajurit terlatih, elit, dan mematikan. Ada juga Cobra Unit yang terdiri dari The Pain, The Fear, The Sorrow, The Fury dan The End yang mana kesemuanya adalah bawahan The Boss (Ini berarti bahwa The Boss ini sangat kuat sekali sampai memiliki bawahan yang masing-masing memiliki kemampuan yang mematikan).
Kalian juga akan bertemu seorang yang pasti kalian kenal di MG1 dan MGS2, Ocelot. Ocelot di game ini masih muda dan kelihatan lincah. Ada juga Eva, seorang agen rahasia yang membantu Snake dalam menyelesaikan misinya. Sigint, seorang ahli senjata dan Para-Medic, seorang ahli pengobatan dan biologi yang membantu Snake melalui radio.
 


Fitur-Fitur Baru dalam MGS 3

 CQC
Untuk gameplay, sebagian besar kontrol mirip dengan seri sebelumnya. Kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit agar terbiasa mengontrol Snake dengan lihai. Pada seri ini Snake akan diperlengkapi dengan beberapa equipment yang agak lebih kuno. Kamu juga disuguhkan dengan 5 fitur baru yang sangat berguna untuk menyelesaikan misi Snake. Fitur itu antara lain adalah Close Quarter Combat (CQC), adalah teknik bertarung jarak dekat yang diajarkan oleh The Boss kepada Snake untuk mempersingkat pertarungan. Memang kenyataannya, dalam jarak dekat memang lebih baik memakai teknik ini daripada menggunakan senjata yang memerlukan waktu.

Kamuflase
Fitur kedua adalah kamuflase pakaian dan wajah Snake. Fitur ini memungkinkan kamu untuk bersatu dengan alam dengan menggunakan pakaian yang menyerupai alam sekitarnya sehingga tidak terlihat oleh musuh. Misalkan, saat berada di daerah hutan dengan banyak rumput, kalian harus memakai pakaian kamuflase yang berwarna hijau (atau coklat saat kamu berada di batang pohon) agar kamu tersamarkan hingga musuh tidak dapat melihat kamu. Tetapi jika kamu malah menggunakan warna yang sama sekali berbeda, atau mencolok, musuh akan langsung bertindak dengan langsung menembakmu atau memanggil bala bantuan dari pusat. Namun kesemuanya itu juga bergantung kepada seberapa besar nilai kamuflase kamu yang dapat dilihat di sudut kanan atas layar (dalam %) Jika kamu mendapat nilai 90-95%, mustahil musuh dapat melihat kamu.
Makanan

Fitur lainnya adalah Food Gathering, atau pengumpulan makanan. Di game ini, selain kamu harus menyelesaikan misi, kamu juga harus memperhatikan stamina yang akan sengat kamu perlukan guna menyelesaikan misi kamu. Snake dapat membunuh flora atau fauna di sekitarnya untuk dimakan agar staminanya kembali pulih. Satu catatan penting, bahwa kalian perlu bertanya kepada Para-Medic via radio sebelum kalian memakan sesuatu yang kalian dapatkan. Karena beberapa hewan atau tumbuhan yang kalian dapat, bisa saja mengandung racun yang berbahaya, sehingga bukanny memulihkan stamina Snake, tetapi malah meracuni Snake.



Penyembuhan
Fitur yang tidak kalah pentingnya, adalah Cure System, atau sistem pemulihan. Fitur ini baru dapat kamu gunakan setelah menyelesaikan Virtuous Mission. Di Fitur ini, kalian dapat menyembuhkan beberapa luka yang didapat selama menjalankan misi. Seperti digigit ular berbisa, maka kamu harus segera masuk ke fitur ini dan memberikan serum (obat penawar racun) agar kamu tidak mati keracunan. Atau luka tertembak, maka kamu harus melakukan beberapa prosedur, mulai dari mengeluarkan peluru dengan pisau, memberikan obat luka, menjahit luka, dan baru kemudian memberikan perban pada luka tersebut.

Fake Death
Satu lagi fitur yang amat membantu kamu dalam menjalankan misi, adalah Fake Death (terjemahannya kematian palsu). Snake diberikan pil agar dia bisa membunuh dirinya sendiri. Tapi jangan kuatir, dia juga telah diberikan pil yang dapat menghidupkannya kembali. Fitur ini mungkin sangat berguna bagi kalian yang sering ketahuan oleh musuh hingga musuh mengepung dan menyerangmu, jadi kamu bisa membodohi musuh dengan berpura-pura mati.

Grafik
Grafik pada game ini, seperti penilaian saya di atas (10), mungkin memang tidak berlebihan. Mengingat gambar 3D dengan smoothing yang halus dan special efek yang bakal kamu lihat di game ini. Seperti ledakan TNT, cipratan air ketika kamu masuk ke dalam air, darah yang mengalir setelah kamu terluka (kena tembak atau benda tajam) dan sebagainya. Soundnya pun tidak kalah dengan grafiknya. Suara tembakan yang dikeluarkan musuh dengan AK-47nya, suara menggelegar dari TNT, suara kaca pecah, dan lainnya terdengar sangat jernih.


Saat ditanyai kekurangan game ini, terus terang sangat sulit menemukannya. Kekurangan dalam game ini mungkin hanya pada salah satu fitur yang dihilangkan, yaitu radar dengan enemy visionnya (penglihatan musuh), yang memudahkan kamu berjalan dengan mudah tanpa terkena enemy vision tersebut agar tidak ketahuan. Namun kali ini kamu hanya akan dibantu dengan alat Motion Detector (pendeteksi gerak, termasuk gerak musuh) dan Sonar (juga mendeteksi keberadaan musuh dan makhluk hidup lainnya) jadi kmau tidak lagi dengan mudah menerobos pertahanan musuh.

 Dari keseluruhan game ini, yang sebenarnya membuat saya menyukai game ini, selain dari storyline (alur cerita) dan grafiknya, juga adalah cut scene (movie yang selalu muncul setelah beberapa sub misi terselesaikan) . Sang kreator, Hideo Kojima memang sangat menekankan cut scene ini sebagai faktor pendukung utama di samping fitur-fitur baru dan segi grapfiknya.
Jadi, secara garis besar, game dengan judul lengkap Tactical Espionage Action, Metal Gear Solid 3: Snake Eater ini adalah game wajib yang harus kamu mainkan, terutama bagi penggemar game-game stealth action.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...