SlideShow

"MY PET: SPIDERREV"

0

Ditemukan! PD 404,182 Senyawa Yang Bisa Membunuh Virus HIV


Pencitraan-Virus-HIV-3dimensi
Pencitraan Virus HIV 3dimensi. Foto: Kompas.com

Kabar baik bagi para penderita HIV. Pasalnya, virus HIV yang menyebabkan AIDS bisa dibunuh dengan senyawa PD 404,182. Senyawa ini punya kemampuan membunuh virus HIV dan cara kerjanya adalah dengan membuka virus.

Penemuan yang dipublikasikan di jurnal American Society of Microbiology bulan ini dilatarbelakangi oleh Scripps Research Institue dan Zihlei Chen yang merupakan asisten profesor di A&M University, Texas.
“Senyawa ini bersifat virusidal yang punya kemampuan membunuh virus HIV,” kata Chen seperti dilansir Medical Xpress.

Chen yang mengumumkan penemuan obat penderita HIV pada Kamis (24/11) kemarin tersebut juga mengungkapkan beberapa kelebihan dari senyawa pembunuh virus HIV yang aman untuk manusia ini.
“Saat senyawa ini kontak dengan virus HIV, virus HIV kehilangan material genetik dan rusak. Virus yang sudah ‘terlarut’ tersebut terpapar material genetik HIV-nya (RNA). Dampak dari tak stabilnya RNA ialah virus tak bisa menginfeksi” jelas Chen.
Hebatnya lagi, senyawa ini langsung menembus protein pada bagian dinding kapsul virus HIV dan langsung menyerang bagian dalamnya. Jika diserang langsung, virus kesulitan berevolusi dan tak bisa mengembangkan resistensi.

Sungguh penemuan yang hebat, meski sebenarnya senyawa pembunuh virus HIV ini tak sengaja ditemukan.
Maksud Chen sejatinya adalah menguji tingkat efektivitas daripada senyawa PD 404,182 guna melawan virus Hepatitis C. Tapi ternyata senyawa itu jauh lebih ‘mempan’ terhadap virus HIV. Senyawa ini pun diyakini Chen bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan.

Pengembangannya bisa berupa gel vagina yang bisa mencegah infeksi HIV saat berhubungan seksual. Bagusnya lagi senyawa itu tetap hidup meski kontak dengan cairan vagina. Semoga pengembangan ini cepat dilakukan agar penderita HIV AIDS bisa segera sembuh.

Sumber: Medical Xpress

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...