SlideShow

"MY PET: SPIDERREV"

0

Siapa di Balik Akun Twitter @terselubung?


Salah satu akun yang cukup fenomenal dalam jejaring sosial Twitter di Indonesia adalah akun @terselubung. Konsisten dengan nama akunnya, identitas admin alias pengelola Twitter dan blog yang ciri khasnya memposting ulang berita atau artikel dari situs lain ini selalu tertutup selubung.

Bahkan, saat menghadiri Social Media Festival pada hari ini, Kamis, 23 September 2011, admin Terselubung memakai topeng putihnya di atas panggung. "Sebelum naik panggung saya belum pakai topeng, dan saya sembunyi dulu," ujar pria yang dilihat dari perawakan dan suaranya, berumur sekitar 30 tahun ini.

Walau dibujuk bagaimanapun juga, Terselubung tidak mau mengungkap sedikit informasi pribadinya. Namun ia lancar berbagi cerita soal kegiatannya sebagai admin terselubung.

"Saya awalnya menulis blog pada November 2008," ujar pria berkulit agak gelap ini. Ia mengatakan awalnya hanya murni coba-coba saja, tidak untuk kepentingan bisnis.

Sekitar satu tahun kemudian, pada September 2009, ia mulai bergabung di Twitter, dan meletakkan link tulisan baru pada tweetnya. Efek bergabung dengan jejaring sosial "Si Burung Biru" ini, ternyata luar biasa.

"Trafik blog meningkat pesat, sebelum ikut Twitter hanya sekitar seribu hits, tapi sekarang sudah mencapai 50 ribu hits per hari," jelasnya.

Keunikan dalam tweet @terselubung ternyata menarik minat pengguna Twitter di Indonesia. Terakhir, jumlah pengintil alias follower di @terselubung mencapai 225 ribu lebih, dan bertambah lebih dari seratus follower baru setiap hari. "Saya pernah survei, sebagian besar pembaca blog saya berjenis kelamin laki-laki, usianya antara SMA hingga awal kuliah," ujarnya.

Melihat potensi yang besar, satu setengah tahun setelah meluncurkan Terselubung, ia mulai berpikir untuk memanen keuntungan finansial dari blognya. "Saya menawarkan ke pengiklan," ujarnya. Namun mengingat identitasnya yang selalu terselubung, ia tidak pernah bertemu dengan klien secara langsung.

Meski begitu, vendor telekomunikasi XL menerima tawaran Terselubung dan tetap beriklan hingga sekarang.

Berapa penghasilan yang diterima Terselubung dari blognya? Ia menolak menyebut angka pasti, tapi bersedia memberi gambaran. "Delapan digit per bulan," ujarnya.

Dengan pemasukan antara belasan hingga puluhan juta per bulan ini, ia mengaku penghasilan dari pekerjaannya mengelola blog lebih besar dari pekerjaan utamanya.

Apa pekerjaan utamanya? Lagi-lagi ia menolak menjelaskan. Ke depannya, ia mengatakan akan melirik usaha merchandise Terselubung.

Ia menjelaskan pekerjaan ini tergolong santai. Ia hanya perlu menyisihkan waktu sekitar tiga jam untuk browsing internet, melihat berita dan artikel, lalu memposting ulang di blog dan twitternya. "Kalau ada yang komen lucu di Twitter, baru dibalas," ujarnya.

Bagi mereka yang ingin sukses mengelola akun dengan pseudo-identity seperti yang marak belakangan ini, seperti @poconggg, @OrangDewasa, atau @soalBOWBOW, Terselubung bersedia berbagi tipsnya. "Yang pertama adalah ide, yang kedua adalah konsisten dengan ide tersebut," ujarnya.

Pria ini mengaku tidak ingin mengejar popularitas di balik nama Terselubung yang sudah besar, malah merasa nyaman dengan identitas aslinya yang tetap menjadi rahasia.

Kasus terungkapnya identitas @poconggg ternyata tidak membuat Terselubung khawatir. Ia merasa identitas aslinya yang hanya diketahui orang-orang terdekatnya, akan tetap aman. "Kalau identitas saya sudah ketahuan, saya menyiapkan satu akun baru. Namanya Terungkap," ujarnya sambil tertawa.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...