SlideShow

"MY PET: SPIDERREV"

0

Inilah Jubah Mata-mata Canggih


Kekuatan tak kasat mata akan segera menjadi kenyataan. Peneliti di Spanyol berhasil mengembangkan jubah ‘mata-mata’ yang mampu menyembunyikan obyek.

Menurut laporan ScienceNOW, peneliti ini berhasil membuat jubah ‘antimagnet’ untuk menyembunyikan obyek dari meda magnet.

Menurut artikel yang diterbitkan di New Journal of Physics, perangkat baru ini memungkinkan ‘mematikan’ interaksi magnetik bahan magnetik yang ada pada medan magnet tanpa harus memodifikasinya.

Saat ini, jubah ini masih dalam tahap konsep. Namun jika benar dikembangkan, jubah ini bisa membuka banyak keuntungan medis. Berkat jubah ini, pasien tak lagi terancam saat menggunakan MRI.

Jubah ini juga bisa digunakan untuk militer. Kapal militer yang menggunakan teknologi ini bisa menghindari ranjau yang dirancang meledak saat medan magnet terdeteksi. Namun seperti pisau bermata dua, perangkat baru ini juga bisa membahayakan.

Pasalnya, jubah ini bisa membantu para criminal menembus keamanan bendara dan kedutaan karena bisa membuat bom yang mereka bawa tak terdeteksi. Di sisi lain, teoris John Pendry dari Imperial College London dan profesor materi sains MIT Caroline Ross meragukan teknologi ini.

“Jubah ini bisa bekerja di komputer, namun untuk bisa bekerja di dunia nyata masih diragukan,” ujarnya


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...