SlideShow

"MY PET: SPIDERREV"

0

Sharing Menggunakan Firefox 4

Pertama kali menggunakan FF4, kesan yang didapat lebih cepat dan responsif dari versi sebelumnya.

Akan tetapi, masalah pertama, rendering fonts-nya bisa dibilang sangat buruk. Baru baca² sebentar saja sudah bisa membuat mata berair. Beruntung ketemu tips dari salah satu rekan sehingga akhirnya fonts-nya bisa disetting dan akhirnya bisa nyaman dibaca lagi seperti pada versi sebelumnya.

Caranya :
Ketik di address bar = about:config
Cari = gfx.direct2d.disabled yang tadinya false diganti jadi true.


Dan setelah menggunakannya beberapa hari, suatu ketika saya tersentak, kenapa VGA saya suhunya menjadi lebih panas daripada sebelumnya. Setelah diteliti, ternyata setiap saya membuka FF4, clock VGA langsung melonjak naik ke nilai maksimum meskipun hanya untuk merender page sederhana. Ini yang membuat suhu VGA saya menjadi panas karena Powermizer-nya (NVIDIA; Powerplay di ATI) menjadi tidak efisien lagi. Selain itu, watt yang dibutuhkan VGA juga jadi melonjak dan tidak lagi sesuai dengan konsep Go Green.

Sempat kesal juga kenapa untuk menjalankan sebuah web browser saja membutuhkan clock maksimum, sementara jika bermain game online yang notabene lebih berat daripada web browser, VGA saya hanya cukup menggunakan setengah dari clock aslinya. Ironis dan sangat tidak rasional bukan?
Setting² di NVIDIA Control Panel tidak banyak membantu. Clock tetap melonjak ke nilai maksimum setiap membuka FF4. Mulai putus asa dan terpikir hendak kembali ke FF3 lagi...

Sampai akhirnya googling dan menemukan jawabannya di salah satu forum luar. Solusinya adalah mematikan opsi "Hardware Acceleration" di FF4, seperti terlihat pada screenshot di bawah ini:

Spoiler for Hiden:

Setelah opsi tersebut dimatikan, clock VGA saya tidak lagi "liar" seperti sebelumnya dan bisa beroperasi dengan dingin ketika membuka FF4 karena clocknya tetap rendah.
Akan tetapi masalah clock naik ini masih juga ada, terutama jika kita scrolling halaman dengan kecepatan cukup tinggi. Solusi lanjutannya adalah dengan mematikan opsi "Smooth Scrolling". Setelahnya, sekarang VGA saya hampir tidak pernah bereaksi lagi terhadap prosesing FF4 dan kini hampir semuanya dihandle oleh CPU.

Kenapa hanya "hampir tidak pernah", bukan "tidak pernah lagi sama sekali"? Ini karena kalau kita menarik scroll bar dan menggesernya naik turun dengan sangat cepat, maka VGA tetap bisa bereaksi karena mungkin dianggap sedang mengolah grafis.

Semoga berguna bagi yang mengalami masalah serupa dengan browser ini.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...