Pada Final Fantasy X ada sebuah Aeon Unik yaitu Yojimbo. Secara umum ia bisa menggantikan posisi summon/GF seperti Odin. Namun, yang membedakannya dari Odin adalah tiap Jurus dari Yojimbo akan bergantung pada bayaran gamer padanya. Mungkin ini sebabnya Aeon ini di beri nama Yojimbo yang berarti "Penjaga/bodyguard".
Berikut ini adalah keterangan tentang Yojimbo.
Berikut ini adalah keterangan tentang Yojimbo.
[01] Cara Mendapatkan Yojimbo
=============================
Pergilah ke Calm Land menuju ke pintu keluat timur-laut, anda akan tiba pada jalan menuju Zanarkand. Seberangi jembatan pertama, dan berputar lalu turun mengikuti jalan pada bukit.
Jika gamer masih ingat anda pernah mencoba memasukinya setelah bertarungan dengan Defnder X. lalu party anda melarang masuk karena salah jalan. Jalan ini hanya terbuka setelah anda mendaptkan pesawat.
Masuki cavern of the Stolen Fayth di kiri. Anda akan melihat scene, lalu party anda akan tiba dalam goa. Pergilah ke ujung belakang goa, anda akan bertemu summoner terakhir Lulu yang tengah di Jaga Aeon Yojimbo.
==Boss: Yojimbo==
HP: 30,000
MP: 0
Pertarungan ini tidak akan sulit, karena Yojimbo hanya akan menggunakan serangan Daigoro pada awal pertempuran. Kalahkan ia dengan cepat menggunakan Overdrive aeon. Sebelum lanjut ke tempat teleport, pastkan anda memiliki 250.000 gil. Lalu teleport ke kiri dan lalu kanan untuk mendapat beberapa item berharga, sekarang pergilah ke chamber of Fayth.
Sekarang waktunya anda menawar. Tanya Yojombo 3 kali tentang bayarannya, ia juga akan menawari anda 2 teleport sphere, ingatlah. Yojimbo akan memberi anda 3 opsi pada mulanya: pilihlah opsi ke-3, untuk memintanya memberi penawaran harga terendah (250.000gil). Sekarang tawar setengah sebelumnya +1, 125.001. Lanjutkan menawar dan tiap kali ia menurunkan tawaran, tambah 1. Tawarlah ia pada harga 190k-200k. Kecuali anda punya banyak gil langsung aja terima tawaranya, wkwkwkwkkk
Beda dari beberapa Aeon lainya anda tidak akan langsung mendapatkan break damage Yojimbo dari awal. Anda mesti mendapatkan senjata spesial Auron dahulu, masamune. caranya dapatkan mars sigil.
Untuk membuat Masamune pertama carilah Rusty Sword, yang bisa anda temukan dengan mudah pada jalan timur cavern of the stolen fayth. Sekarang kembalilah ke persimpangan jalan Mi'ihen Highroad, Mi'ihen Oldroad, dan Mushroom Rock Road.
Pergilah ke Mushroom rock, lalu saat akan masuk belok ke kiri. Ikuti jalan dan naiki elevator ke tempat patung Lord Mi'ihen yang sedang menebas bahemoth. Tekan X pada petung dan anda akan menempatkan rusty sword di sana, gunakan celestial mirror untuk mendapatkan masamune.
[02] Serangan spesial Yojimbo
=============================
Yojimbo punya 4 serangan, bisa dibilang lebih sedikit dari Aoen lainya, namum jika anda menaikan STR-nya serangan ini cukup powerful. Secara umun serangan Wakizashi Yojimbo merupakan yang terbaik menghitung gil yang dikeluarkan dan kekuatan serangannya. Jika anda beruntung anda akan akan mendapatkan serangan terkuat, Zanmato yang bisa langsung membunuh semua musuh digame ini (bahkan boss terakhir/opsional boss terkuat-magus sister pasti tewas jika terkena serangan ini).
Berikut ini adalah daftar dari serangan yojimbo:
=Diagoro=
Yojimbo akan memerintah kan anjingnya, Daigoro, menyerang musuh. Serangan ini butuh gil sedikit dan lemah
=Kozuka=
Berupa lemparan 3 pisau (kozuka) pada musuh, serangan ini punya damage sedang-besar. anda akan membayar yojimbo >=300gil untuk serangan ini.
=Wakizashi=
Yojimba akan mencabut pedangnya, yang bernama wakizashi dan menebas musuh menimbulkan damage yang besar, anda membanyarnya untuk serangan ini >=1000gil. Jika STR Yojimbos Full serangan ini bisa menimbulkan damage 99.999.
=Zanmato=
yang berarti "demon edge" Serangan ini akan berupa Yojimbo akan memanggil pedang dari tanah ketangannya dan dengan dengan sekejab membelah musuh jadi 2.
Serangan ini merupakan instant Kill tanpa pengecualian pada semua musuh di game ini, walau pun fiend/boss punya imun pada instant kill, serangan ini tetap akan masuk. Ini yang membedakanya dari odin pada serial FF XIII yang instant kill-nya masih bisa gagal.
[03] Rumus Matematika serangan Yojimbo
======================================
Akhirnya sampai pada yang di tunggu-tunggu. Perlu diketahui serangan yojimbo akan di pengaruhi beberapa variable (faktor) yaitu: kompatibilitas(c), gil bayaran, overdrive, random faktor dan level zanmato serta yang paling penting motivasi.
Makin besar motivasi makin bagus jenis serangan yang akan muncul. Kelima faktor / variabel sebelumnya akan digunakan untuk mengkalkulasi nilai motivasi. Motivasi akan di reset tiap turn, jadi jika anda sekarang membayar 5000gil, lalu turn berikutnya 5000gil motivasi yang diitung hanya dari gil ke-2.
Berikut adalah daftar motivasi untuk masing-masing tipe serangan:
- Daigoro = 0 ~ 31
- Kozuka = 32 ~ 47
- Wakizashi (satu musuh) = 48 ~ 63
- Wakizashi (semua musuh) = 64 ~ ..
Mari kita lihat dari masing-masing faktor
a. Gil(g)
Untuk menaikan motivasi yojimbo sesuai keinginan anda perlu membayarkan gil dengan tepat sesuai daftar berikut.
1 - 3 Gil = 0 motivasi
4 - 7 Gil = 2 motivasi
8 - 15 Gil = 4 motivasi
16 - 31 Gil = 6 motivasi
32 - 63 Gil = 8 motivasi
64 - 127 Gil = 10 motivasi
128 - 255 Gil = 12 motivasi
256 - 511 Gil = 14 motivasi
512 - 1023 Gil = 16 motivasi
1024 - 2047 Gil = 18 motivasi
2048 - 4095 Gil = 20 motivasi
4096 - 8191 Gil = 22 motivasi
8129 - 16383 Gil = 24 motivasi
16384 - 32767 Gil = 26 motivasi
32768 - 65535 Gil = 28 motivasi
65536 - 131071 Gil = 30 motivasi
131072 - 262143 Gil = 32 motivasi
262144 - 524287 Gil = 34 motivasi
524288 - 1048575 Gil = 36 motivasi
1048576 - 2097151 Gil = 38 motivasi
2097152 - 4194303 Gil = 40 motivasi
4194304 - 83886007 Gil = 42 motivasi
83886008 - 16777215 Gil = 44 motivasi
16777216 - 33554431 Gil = 46 motivasi
33554432 - 67108863 Gil = 48 motivasi
67108864 - 134217727 Gil = 50 motivasi
134217728 - 268435455 Gil = 52 motivasi
268435456 - 536870911 Gil = 54 motivasi
536870912 - 999999999 Gil = 56 motivasi
b. Kompatibilitas (c)
Yojimbo punya nilai kompatibilitas tersembunyi dari anda. Nilainya dimulai dari 0 - 255. kompatibilas dan motivasi saling tergantung, jika kompatibilitas(c) dan motivasi(m), maka (c / 30 = m). berikut aksi yang mempengaruhi c.
- membayar 0 gil = -20c
- yojimbo tewas = -10
- di-dissmis tanpa membayar = -3
- mengunakan Daigiro = -1
- mengunakan kozuka = 0
- mengunakan Wakizashi (satu musuh) = +1
- mengunakan Wakizashi (semua musuh) = +3
- mengunakan zanmato = +4
c. Level Zanmato
Merupakan konstanta tergantung pada tipe fiend/boss. dibagi atas:
=Musuh biasa/fiend=
level 1 = x 1
level 2 = x 0.5
level 3 = x 0.33
level 4 = x 0.25
level 5 = x 0.2
=Musuh sangat kuat=
level 1-3 = x 0.8
level 4-5 = x 0.4
======================================
Akhirnya sampai pada yang di tunggu-tunggu. Perlu diketahui serangan yojimbo akan di pengaruhi beberapa variable (faktor) yaitu: kompatibilitas(c), gil bayaran, overdrive, random faktor dan level zanmato serta yang paling penting motivasi.
Makin besar motivasi makin bagus jenis serangan yang akan muncul. Kelima faktor / variabel sebelumnya akan digunakan untuk mengkalkulasi nilai motivasi. Motivasi akan di reset tiap turn, jadi jika anda sekarang membayar 5000gil, lalu turn berikutnya 5000gil motivasi yang diitung hanya dari gil ke-2.
Berikut adalah daftar motivasi untuk masing-masing tipe serangan:
- Daigoro = 0 ~ 31
- Kozuka = 32 ~ 47
- Wakizashi (satu musuh) = 48 ~ 63
- Wakizashi (semua musuh) = 64 ~ ..
Mari kita lihat dari masing-masing faktor
a. Gil(g)
Untuk menaikan motivasi yojimbo sesuai keinginan anda perlu membayarkan gil dengan tepat sesuai daftar berikut.
1 - 3 Gil = 0 motivasi
4 - 7 Gil = 2 motivasi
8 - 15 Gil = 4 motivasi
16 - 31 Gil = 6 motivasi
32 - 63 Gil = 8 motivasi
64 - 127 Gil = 10 motivasi
128 - 255 Gil = 12 motivasi
256 - 511 Gil = 14 motivasi
512 - 1023 Gil = 16 motivasi
1024 - 2047 Gil = 18 motivasi
2048 - 4095 Gil = 20 motivasi
4096 - 8191 Gil = 22 motivasi
8129 - 16383 Gil = 24 motivasi
16384 - 32767 Gil = 26 motivasi
32768 - 65535 Gil = 28 motivasi
65536 - 131071 Gil = 30 motivasi
131072 - 262143 Gil = 32 motivasi
262144 - 524287 Gil = 34 motivasi
524288 - 1048575 Gil = 36 motivasi
1048576 - 2097151 Gil = 38 motivasi
2097152 - 4194303 Gil = 40 motivasi
4194304 - 83886007 Gil = 42 motivasi
83886008 - 16777215 Gil = 44 motivasi
16777216 - 33554431 Gil = 46 motivasi
33554432 - 67108863 Gil = 48 motivasi
67108864 - 134217727 Gil = 50 motivasi
134217728 - 268435455 Gil = 52 motivasi
268435456 - 536870911 Gil = 54 motivasi
536870912 - 999999999 Gil = 56 motivasi
b. Kompatibilitas (c)
Yojimbo punya nilai kompatibilitas tersembunyi dari anda. Nilainya dimulai dari 0 - 255. kompatibilas dan motivasi saling tergantung, jika kompatibilitas(c) dan motivasi(m), maka (c / 30 = m). berikut aksi yang mempengaruhi c.
- membayar 0 gil = -20c
- yojimbo tewas = -10
- di-dissmis tanpa membayar = -3
- mengunakan Daigiro = -1
- mengunakan kozuka = 0
- mengunakan Wakizashi (satu musuh) = +1
- mengunakan Wakizashi (semua musuh) = +3
- mengunakan zanmato = +4
c. Level Zanmato
Merupakan konstanta tergantung pada tipe fiend/boss. dibagi atas:
=Musuh biasa/fiend=
level 1 = x 1
level 2 = x 0.5
level 3 = x 0.33
level 4 = x 0.25
level 5 = x 0.2
=Musuh sangat kuat=
level 1-3 = x 0.8
level 4-5 = x 0.4
Berikut daftar musuh pada masing-masing level:
=Level 1= Achelous Aerouge Ahriman Alcyone Anacondaur Aqua Flan Bandersnatch Bashura Basilisk Bat Eye Bite Bug Black Element Blue Element Bomb Buer Bunyip Cave Iguion Chimera Chimera Brain Coeurl Condor Dark Element Dark Flan Defender Defender X Defender Z Demonolith Dingo Dinonix Dual Horn Epaaj Evil Eye Exoray Fallen Monk Flame Flan Floating Death Floating Eye Funguar Gandarva Garm Garuda Gemini Ghost Gold Element Grat Great Malboro Grenade Grendel Grothia Guado Guardian (kadang Level 4) Halma Ice Flan Iguion Imp Ipiaria Iron Giant Killer Bee Klikk Kusariqqu Lamashtu Land Worm Larva Lord Ochu | Macea Maelspike Mafdet Magic Urn Malboro Mandragora Master Coeurl Master Tonberry Maze Larva Mech Defender Mech Guard Mech Gunner Mech Hunter Mech Leader Mech Scouter Melusine Mi'ihen Fang Murussu Mushussu Nebiros Nidhogg Ochu Octopus Ogre Phlegyas Piranha Puroboros Ragora Raldo Raptor Red Element Remora Sahagin Sahagin Chief Sandragora Sand Wolf Sand Worm Shred Simurgh Sinscale (versi Underwater Sinscales = Level 4) Sinspawn: Ammes Skoll Snow Flan Snow Wolf Spathi Spirit Splasher Swamp Mafdet Thorn Thunder Flan Tonberry Valaha Varuna Vouivre (2 Tipe) Warrior Monk (2 Tipe) Wasp Water Flan Wendigo White Element Worker Wraith Xiphos YAT-97 YAT-99 Yellow Element YKT-11 YKT-63 Yowie Zaurus Zuu | =Level 2= Barbatos Behemoth Behemoth King Cactuar Qactuar =Level 3= Adamantoise Anima =Level 4= Arms Biran Ronso Chocobo Eater Crawler Evrae Evrae Altana Extractor Geneaux's Tentacle Geosgaeno Guado Guardian (kadang Level 1) Head Kimahri Left Fin Mimic Mortibody Mortivessel Negator Oblitzerator Omega Weapon Pterya Right Fin Sanctuary Keeper Seymour Seymour Flux Seymour Natus Seymour Omnis Sin's Fin Sin's Core Sin's Head Sinspawn: Echuilles Sinspawn: Genais Sinspawn: Geneaux Sinspawn Gui Spectral Keeper Spherimorph Tros Ultima Weapon Underwater Sinscale Yenke Ronso Yunalesca |
d. Overdrive (o)
ngga gitu ngaruh, dan sederhana. saat over drive yojonbo penuh = +2 c.
e. random (r)
Seperti namanya faktor ini bernilai random dari 0-63. Namun, sangat menentukan jika anda mengincar keluar zanmato. Secara teknis anda bisa membanyar Yojombo 1-24 gil untuk mendapatkan Zanmato, namun dengan probabiltas yang amaaaaaaaaaaaat kecil.
f. serangan gratis (a)
kadang Yojimbo menyerang tanpa dibayar. a merupakan konstanta .kalkukasinya sederhana (c/4)+a. maka jika
0-31 m = Daigoro
32-47 m = Kozuka
48-63 m = Wakizashi(tunggal)
64-79 m = Wakizashi(semua)
80-.. m = Zanmato
Kesimpulan dan tips sederhana untuk mendapatkan Zanmato :
- jangan pernah bayar ia 0 gil.
- jangan pernah membiarkan ia tewas.
- pastikan overdrivenya selalu full.
- jangan pernah membayarnya dibawah 1024 gil
Sumber
0 komentar:
Posting Komentar