SlideShow

"MY PET: SPIDERREV"

2

Resident Evil 4


Game Info

Platform : PC Game
Publisher : Ubisoft
Developer : Capcom
Genre : Horror Action Adventure
Release Date : 01 Januari 2007

Jika anda ingin mencari game horror PS2 yang bagus, Resident Evil 4 bisa menjadi jawabannya. Resident Evil 4 merupakan sebuah game yang sangat menarik bagi saya. Capcom dapat mengemas game ini dengan baik sehingga game ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari para gamers di dunia. Bahkan Resident Evil 4 telah banyak mendapatkan penghargaan-penghargaan di dunia game.



Cerita
Di tahun 2004, aktivitas rahasia Umbrella Corporation dengan Raccoon City telah terbongkar ke publik. Akhirnya pemerintah Amerika menyelidikinya dan mencari tahu semua masalah dari Umbrella. Sehingga pihak Umbrella mulai dimusuhi dan menjadi bangkrut.
Setelah 6 tahun semenjak peristiwa ‘Raccoon City’, Leon S. Kennedy direkrut oleh “Secret Service Amerika” untuk menyelamatkan Ashley Graham, putri dari presiden yang diculik oleh kelompok yang misterius.
Hingga akhirnya Leon tiba di desa pinggiran Eropa, yang penuh dengan penduduk gila yang hidup untuk “Los Illuminados” (Yang terpilih), yaitu kelompok misterius yang menculik Ashley.
Di sana Leon mengalami berbagai hal yang aneh, mulai dari dirinya yang dibayangi orang misterius hingga penduduk desa yang kurang bersahabat sama sekali.
Secara keseluruhan, plot cerita game ini sangat bagus sekali dan membuat Anda penasaran berusaha mengungkap misteri yang terjadi, apalagi kadang-kadang muncul kejadian yang tidak Anda duga.

Gameplay
Gameplay fokus pada aksi dan tembak-tembakan dengan musuh yang ramai di tempat yang luas.Ada 2 tipe serangan yang dapat dilancarkan oleh Leon, yakni serangan jarak jauh dengan mengunakan pistol dan serangan jarak dekat dengan sebilah pisau. Salah satu elemen yang paling menarik dalam game ini adalah saat membidikan senjata, posisi kamera akan bergeser ke bagian bahu karakter sehingga Anda mendapatkan ruang pandang yang jauh lebih luas tanpa terhalang seluruh tubuh karakter.

Di samping itu, untuk mendapatkan akurasi tembakan yang tepat, semua Senjata dalam game ini telah dilengkapi dengan sinar laser, supaya Anda dapat membidik dengan tepat semua bagian tubuh musuh yang ingin ditembak. Seperti tembakan ke arah kaki dapat membuat musuh bergerak lebih lambat ataupun meledakan kepalanya akan membuat musuh tewas seketika.

Beberapa kejadian dalam game ini mengharuskan Anda memainkan sebuah minigame, seperti saat penduduk desa berusaha mendorong batu raksasa jatuh dari bukit dan mengelinding ke arah Leon, Anda harus menggerakan Leon berlari sekencang-kencangnya dengan menekan beberapa tombol keyboard secara berulang-ulang. Di pertengahan permainan, Leon berhasil menemukan Ashley dan Anda harus melindunginya dengan memberikan beberapa perintah sederhana, seperti menyuruhnya mengikuti Anda ataupun jika bertemu musuh, Anda dapat menyuruh Ashley untuk menyingkir atau bersembunyi di dalam kotak.

Sistem navigasi peta cukup lengkap dan sangat membantu gamer. Pada peta, Anda dapat mengetahui area yang sudah pernah dijelajahi dengan tanda berwarna merah muda, dan area yang belum pernah dijelajahi ditandai dengan warna merah menyala. Kemudian Anda bisa juga mengetahui pintu yang sudah pernah dibuka dengan tanda warna hijau, dan yang masih tertutup den
gan warna merah, kemudian pintu yang membutuhkan kunci untuk membukanya ditandai dengan warna biru.
Jika Anda tersesat dalam mencari lokasi tujuan, Anda dapat menemukan lokasi tersebut dengan melihat petunjuk yang berbentuk ikon lingkaran merah di peta dan untuk menemukan mesin tik untuk menyimpan permainan, Anda tinggal mencari ikon berlogo “S” yang terdekat dengan posisi karakter.

Cukup aneh tapi nyata, ditempat yang tidak bersahabat tersebut, ada seseorang misterius yang menawarkan jasa untuk membeli dan menjual senjata bahkan Anda bisa juga mengupgrade senjata. Tetapi untuk dapat melakukan transaksi, Anda harus memiliki point yang didapat selama mengalahkan musuh. Senjata yang dijual sangat bervariasi, mulai dari sniper rifle hingga rocket launcher. Dengan mengupgrade senjata, Anda dapat meningkatkan kekuatan tembakan, kecepatan tembakan, kecepatan reload, hingga kapasitas penyimpanan peluru pada senjata.

Untuk sistem inventori dalam game ini memiliki ruang yang sangat terbatas dan tiap item dapat memakan ruang sekitar 2 hingga 8 kotak tergantung besar kecilnya, seperti untuk senjata Shotgun membutuhkan sedikitnya 8 kotak. Untungnya untuk item tertentu atau yang nantinya akan dibutuhkan untuk melanjutkan perjalanan, seperti ruby, kunci pintu, dan lainya akan ditempatkan pada bagian khusus sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak ruang lagi.

Bermain di mesin PC dengan mengunakan kombinasi keyboard dan mouse pada awalnya terasa sangat janggal. Tetapi lama kelamaan Anda akan mulai terbiasa. Bagi gamer yang masih kurang puas, dapat mengunakan joystik dengan sistem penyetelan yang cukup mudah. Apalagi jika Anda mengunakan joystik Xbox 360 untuk Windows yang memang didukung penuh oleh game ini.

Pada versi PC juga akan berisi semua konten ekstra yang sama dengan versi PS2-nya, yaitu tambahan chapter baru yang berjudul Separate Ways. Di chapter ini, Anda dapat memainkan karakter Ada Wong. Selain itu, juga terdapat tambahan senjata baru dan kostum baru untuk Leon dan Ashley.

Musuh
Di RE4, Anda sudah tidak lagi menghadapi musuh yang berupa zombie, melainkan penduduk desa yang telah
dipengaruhi roh jahat. Meski begitu, jangan dikira mereka lemah dan tidak berbahaya. Keganasan mereka juga sebanding para zombie, mereka aka
n mengunakan segala peralatan untuk membunuh Anda, seperti kapak, pisau, garpu jerami, hingga bom dinamit. Selain menghadapi musuh biasa, Anda juga akan berhadapan dengan boss yang jauh lebih kuat, yakni pimpinan desa tersebut.

Grafis Dan Suara
Berbicara kualitas gambar pada versi PC tidak berbeda jauh dengan versi PS2. beberapa lingkungan dan objek benda terlihat suram de
ngan tekstur yang kurang tajam. Hal ini terlihat jelas pada tumbuhan yang menghiasi lingkungan terlihat kotak-kotak (tidakhalus). Lain halnya pada beberapa karakter penting yang terdapat dalam game ini terlihat sangat mulus dan detil. Harusnya, kualitas gambar vesi PC dapat lebih bagus dibandingkan versi PS2 mengingat jarak waktu perilisan yang berselang cukup lama.

Suara merupakan salah satu poin penting dalam membangun sebuah game. Lewat efek suara yang dihadirkan Capcom pada game ini mampu membuat bulu roma Anda berdiri dan panik. Pun demikian halnya pada suara latar yang terdengar jelas,seperti rongrongan serigala dan teriakan burung gagak yang membelah kesunyian desa. Secara keseluruhan, dari poin gambar dan suara yang dikemas dalam game ini telah berhasil memacu adrenalin pemain, seolah-olah Andalah yang sedang berada di tempat itu.


Akhir Kata
Berbekal pengalaman yang dimiliki Capcom yang telah berhasil membuat beberapa seri game survival horror, membuat gameplay pada sekuel RE4 ini semakin hidup dan menegangkan. Walaupun pada versi PC tidak memiliki tambahan fitur dan extra konten yang istimewa dari konsolnya, game ini masih tetap wajib dimainkan oleh gamer PC yang gemar sama serial ini.

2 komentar:

LintasKoran

nice share


Thanks

Spy Denim

Blog nya Lumayan Gan..
Posting yg baru napa :D

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...